Belajar Program Turbo Pascal 1.5

Sekarang saya kan Berbagi Pengetahuan saya di bidang IT yaitu pada bagian program. dulu belajar Turbo Pascal 1.5 waktu baru pertama masuk SMK dan di kampus ternyata di ulas lagi. dimana Turbo Pascal 1.5 adalah Program Dasar dimana pengguna diberi kemudahan merancang program secara sederhana.

Hasil gambar untuk TPW

Kegunaan dari Turbo Pascal 
1.5 sendiri adalah untuk memudahkan pengguna untuk merancang dan membuat suatu program sederhana atau bahkan program yang sudah expert ( program bagus maksudnya , hehe jadi program yang benar-benar sudah dipikirkan kegunaannya dan pasti program tersebut sangatlah panjang ).

Nah disini saya akan memaparkan cara membuat program dasar dengan Turbo Pascal 1.5 secara singkat dan mudah tapi disini saya akan menjelaskan sebisa saya saja, soalnya saya juga tidak bigitu mahir, hehe. Dan juga toturial ini menjelaskan bagaimana membuat program dasar , jadi sobat semua bisa mengembangkan sesuai keinginan sobat semua. Dari pada berlama-lama, langsung saja saya akan memulainya dengan yang gampang terlebih dahulu.

Bila di rasa semuanya sudah siap, sekarang kita akan memulai membuat program yang paling dasar. Sebelumnya instal terlebih dahulu Turbo pascal 1.5 di Komputer atau laptop sobat. Bila Turbo Pascal sudah terinstal di komputer atau laptop sobat, langsung saja saya akan menjelaskan tentang struktur program dasar dan koding sebagai output , seperti dibawah :


Program belajar;
uses wincrt;
begin
writeln(’Belajar Membuat Program Dasar’);
write(’Dengan Turbo Pascal 1.5′);
end.

Keterangan :

Program belajar; | adalah berfungsi sebagai awalan dan untuk penamaan nama program yang kita buat.
Uses wincrt; | adalah fungsinya sangat penting yang digunakan untuk membuat program di sistem operasi windows , nah untuk di linux kita ketik dengan kode ‘Uses crt’ tanpa tanda petik.
Begin | merupakan sebagai awalan pembuatan sebuah program.
Write | berfungsi untuk menampilkan kalimat kita kehendaki terpampang di monitor dan hanya meampilkan dalam satu baris saja.
Writeln | fungsinya seperti write , namun writeln ini berfungsi layaknya enter di ms word , yang meneruskan kamlimat di baris berikutnya.
End. | sebagai akhiran untuk membuat program.

Hasilnya akan seperti gambar di bawah :

Belajar Program Turbo Pascal

Nah bagaimana ? mudah bukan, tutorial di atas adalah sebagai awal atau materi dasar membuat program dasar menggunakan program Turbo Pascal 1.5. Semoga Bermanfaat
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments:

  1. orra nagrtii,,minta penjelassan lbih lanjut lg sii??

    ReplyDelete
  2. TPW merupakan Salah satu bahasa pemograman yang dilombakan dalam Olimpiade Sain versi Depdinas adalah bahasa Pascal.. nanti anda kalo kuliah ambil jurusan informatika ketemu dengan yang namanya TPW

    ReplyDelete