Bahaya menggunakan Softlens bagi kesehatan mata

Bahaya menggunakan Softlens bagi kesehatan mata

Bila mendengar kata softlens, apa yang akan timbul dibenak anda ? Sudah pasti panca indera pandangan atau mata yang akan muncul pertama didalam fikiran kita.
Softlens dulunya cuma dipakai sebagai terobosan baru untuk dunia kesehatan. Tetapi saat ini softlens bukan hanya dipakai sebagai alat bantu penglihatan tetapi sebagai life style atau gaya hidup. Banyak orang yang menggunakan softlens sebagai gaya hidup tetapi terkadang mereka tidak tahu bahaya memakai softlens.

Berikut Ini Merupakan Bahaya menggunakan Softlens bagi kesehatan mata :

Berkurang Kornea Reflex

Menggunakan softlens dapat menyebabkan refleks kornea berkurang di mata Anda. Refleks kornea adalah mekanisme perlindungan dari mata kita. Setiap kali jumlah sedikit tekanan diterapkan ke kornea, otak kita menerima sinyal untuk drop-down kelopak mata untuk melindungi mata kita. Hal inilah yang menyebabkan mata Anda untuk secara naluriah menutup ketika Anda terkejut dengan benda terbang menuju mata Anda. Seperti terbang serangga muncul entah dari mana atau ketika seseorang mencoba untuk menyodok mata Anda. Singkatnya, refleks kornea Anda ada untuk melindungi mata Anda dari apa pun yang dapat menyebabkan trauma langsung ke mata. Dan oleh aplikasi konstan softlens untuk mata, Anda mengajar tubuh Anda untuk mengabaikan refleks kornea alami Anda. Karena ini, Anda dapat menumpulkan respon mata untuk refleks kornea dan ini bisa menyebabkan mata menjadi rusak karena Anda tidak bisa menutup mata Anda cukup cepat ketika bahaya mendekat.

Mata Kering

Softlens mengurangi jumlah air mata mendapatkan pada kornea. Terutama lensa lunak karena mereka menyerap sebagian air mata kita untuk menjaga diri lembut. Kurangnya pertukaran air mata dapat menyebabkan sindrom mata kering yang menyebabkan perasaan tidak nyaman seperti gatal-gatal, kemerahan dan sensasi terbakar. mata kering yang parah dapat menyebabkan jaringan parut pada kornea.

Abrasi Kornea

Softlens bisa menggaruk kornea Anda dan menyebabkan abrasi kornea jika mereka tidak dipasang dengan benar atau ketika mata Anda kering. Hal ini terutama berlaku jika Anda tidur dengan softlens dalam. Abrasi juga dapat terjadi ketika partikel lensa perangkap (seperti debu, kotoran dan pasir) dan bergesekan kornea Anda. Pemotongan dan abrasi membuat pembukaan bakteri dan virus untuk merembes melalui, yang menyebabkan infeksi mata yang dapat mengakibatkan menjadi kehilangan penglihatan. Kecerobohan dalam menangani softlens Anda selama ekstraksi dan penyisipan juga dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk menggaruk kornea.

Konjungtivitis

Softlens , terutama yang dikenakan sepanjang malam, menyediakan lingkungan lembab yang merupakan tempat berkembang biak potensial bagi mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Dan karena kurang oksigen mencapai kornea ketika Anda mengenakan lensa, tubuh Anda tidak mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus secara efektif. Jadi pemakai softlens berada pada risiko lebih tinggi terkena infeksi mata seperti konjungtivitis (mata merah muda) dan tembel. Jenis yang paling umum dari konjungtivitis yang pemakai softlens bisa disebut raksasa papiler konjungtivitis (GPC) karena iritasi berulang dari softlens.

Reaksi Alergi

Softlens dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan reaksi alergi. Kehadiran softlens mungkin alergen perangkap antara mata atau di bawah lensa, yang memungkinkan mereka untuk tetap di mata lagi. Sehingga memungkinkan lebih banyak waktu untuk reaksi alergi untuk menendang. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi dari memakai softlens karena pengawet dalam larutan softlens. Situasi seperti ini biasanya diperbaiki dengan resep solusi lensa dengan pengawet yang berbeda.

Ptosis

Ptosis adalah suatu kondisi juga dikenal sebagai air liur dari kelopak mata di mana individu yang terkena tidak dapat sepenuhnya membuka mata mereka. Jika Anda memakai softlens, mereka dapat bermigrasi ke dalam jaringan tutup menyebabkan jaringan parut dan kontraksi jaringan kelopak mata Anda yang mengakibatkan pencabutan tutup. Hal ini terutama berlaku untuk hard softlens pemakai karena berulang peregangan tutup selama penghapusan lensa. Ptosis juga dapat disebabkan oleh konjungtivitis papiler raksasa parah.

Kornea Maag

Sebuah ulkus kornea adalah luka terbuka di kornea mata, yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau infeksi parasit. Jika tidak ditangani dengan cepat, ulkus kornea dapat menyebabkan kebutaan permanen. Pada saat itu, mungkin satu-satunya cara untuk mengembalikan visi adalah melalui transplantasi kornea . Penyebab paling umum dari ulkus kornea adalah dengan bakteri yang hidup di air yang disebut Psuedomonas. Sekitar 12.000 pengguna softlens yang terkena infeksi ini setiap tahun. Jika Anda terinfeksi dengan psuedomonas, bug ini bisa makan menjadi kornea Anda dan menghancurkan penglihatan Anda dalam waktu 24 hingga 36 jam. Seperti kornea Anda adalah terkait dengan saraf, proses invasi sangat menyakitkan. Gejala umum adalah nanah hijau dan nyeri, ketidaknyamanan dan sensitivitas cahaya setelah hanya beberapa jam.

Demikian artikel Bahaya menggunakan Softlens bagi kesehatan mata. artikel ini saya buat dari berbagi sumber yang ada dan dapat dipercaya. Semoga bisa bermanfaat buat anda.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment