Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur


Wudhu adalah salah satu syarat sah untuk salat. Ternyata wudhu tidak hanya dilakukan ketika melakukan sholat saja, tahukah kamu bahwa sebelum tidur Rasulullah melakukan wudhu terlebih dahulu. Hal itu merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah.

Seperti dilansir muslimahcorner dari islampos, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berkata’ Ya Allah ampunilah hamba mu sifulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci “. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).

Selain menurut hadis nabi, tidak sedikit pakar kesehatan dunia yang menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka sebelum tidur, mengapa demikian? bukankah itu termasuk dari bagian jika orang berwudhu?.

Dari segi jasmani, setidaknya, ada dua manfaat berwudhu sebelum tidur menurut ulama fikih dan medis.

Pertama, menenangkan otot-otot sebelum beristirahat

Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan tapi bisa dibuktikan dalam ilmu pengobatan bahwa percikan air wudhu itu merupakan suatu cara untuk mengendurkan otot-otot yang kaku dalam beraktivitas.

Sehingga jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka fikiran kita akan terasa tenang, badan tidak akan terasa letih.

Kedua, Mencerahkan kulit wajah

Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah kerana kelebihan dari wudhu ini dapat menghilangkan kotoran dalam kulit.

Kotoran-kotoran yang melekat pada kulit wajah kita akan segera hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Demikian artikel Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur. Artikel ini saya buat dari berbagi sumber yang ada dan dapat dipercaya. Semoga bisa bermanfaat buat anda.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment